Skip to main content

Beberapa Teknik mengingat pelajaran

Para nenek moyang mengingat gambaran jalan selama mengembara di akan bebas daripada berhitung atau mengingat nama.
Karena itu manusia lebih mudah menghafal sesuatu dengan ingatan visual.
Gunakan ingatan visual untuk mengingat sesuatu
ingatlah suatu rumus dengan menghubungkannya ke suatu gambar seperti rumus kecepatan benda gerak maka kamu bisa menghubungkannya dengan mobil yang melaju kencang.
Ulang pelajaran yang ingin kamu ingat dalam waktu jeda beberapa jam dan hari tertentu namun yang semakin lama semakin sering.


Gunakanlah teknik menghafal dengan flashcard yaitu dengan menggunakan kartu untuk bermain tebak tebakan.
Untuk mengulang dengan jeda tertentu, kamu bisa menggunakan perangkat lunak anki dengan teknik spaced repetition.
Mengulang ini sangat penting agar ingatan tersebut masuk ke long term memory dan tidak mudah terhapus oleh tahun metabolisme yang ada di otak kita.

Ingatan di otak kita terdiri atas dua jenis memori.
Memori jangka panjang dan memori jangka pendek.
Memori jangka panjang dapat menyimpan ingatan lama dan tidak mudah hilang.
Namun, menyimpan ingatan kedalam memori jangka panjang tidaklah mudah dan membutuhkan proses.
Proses yang harus dilakukan adalah mengulang ulangnya dan melatih ingatan tersebut dalam dalam beberapa hari hingga minggu.
Memori jangka panjang tidak bisa terbentuk hanya dengan belajar cepat seharian.
Butuh proses agar neuron di otak bisa terbentuk.
Oleh karena itu, sangat penting untuk mengurangi kebiasaan menunda nunda belajar mendekati ujian.
Mulai lah sedikit demi sedikit dan mulai sejak awal.


Jenis memori kedua adalah memori jangka pendek.
Memori ini berguna saat fokus melakukan sesuatu seperti bekerja dan belajar.
Ketika mencoba memahami sesuatu, memori inilah yang bekerja untuk merangkai pengetahuan baru yang satu ke pengetahuan baru yang lain selain juga merangkai ke pengetahuan yang ada di memori jangka panjang.
Kita memiliki ingatan visual dan spatial yang baik seperti nenek moyang kita menghafal jalan ketika berburu dan berkelana.
Gunakan lah semaksimal mungkin.

Untuk menggunakannya untuk ingatan ingatan rumus abstrak.
Hubungkan ingatan tersebut dalam bentuk gambar.
Selain dengan penglihatan, cobalah mengingat mengingatnya dengan menggunakan merasakan langsung melalui indra lainnya yaitu lidah, hidung, telinga, dan kulit.
Dan tetap diulang ulang dan dilatih terus menerus agar masuk ke dalam ingatan jangka panjang.

Teknik terakhir adalah mengingat pelajaran dengan penggabungan.
Gabung dan hubungkan ingatan kedalam satu grup yang saling berkaitan.
Untuk mengingat suatu password misalnya, kita bisa merangkai kalimat yang mirip dengan password tersebut atau membuat password yang mirip dengan tanggal penting atau alamat suatu tempat.
Hapalan pelajaran yang bisa dibuat lucu atau mudah diingat.



Comments

Popular posts from this blog

Aktivasi paket 3G Harian/Mingguan pada Ideal Card Prabayar di Chunghwa Telecom Taiwan Tampa Perlu Kontrak Bulanan

Terkadang seseorang hanya memerlukan sambungan paket 3G di Taiwan pada saat-saat tertentu seperti saat jalan-jalan. Atau terkadang seseorang telah memilik sambungan internet pada WiFi di tempat tinggal dan kerjanya dan hanya memerlukan 3G pada handphonenya saat-saat tertentu saja. Untungnya Chunghwa Telecom di Taiwan menyediakan layanan paket 3G harian dan mingguan dan dapat diaktivasi setiap saat. Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk layanan ini. Pergilah ke outlet Chunghwa telecom terdekat. Bilang ke petugas untuk minta diaktivasi layanan 3G, petugas akan meminta kita mengisi formulir, terkadang kartu kita diganti dari 2G menjadi 3G. Bayar uang aktivasi sebesar 300 NTD dan uang ini akan didepostikan sebagai pulsa kita. Setelah selesai, kartu telah siap untuk berlangganan 3G. Untuk memulai layanan 3G, telponlah 539. Ikuti petunjuk pada telpon dan pilih paket yang diinginkan dan selesai. Jangan lupa merubah APN menjadi  Chunghwa Internet dengan name:internet tampa username

Mau Telpon murah ke Indonesia dari Taiwan ? Coba Pakai Kartu Telepon Baby

Mau Telpon murah ke Indonesia dari Taiwan ? Coba Pakai Kartu Telepon Baby Kartu baby adalah kartu voucher telepon internasional via VOIP yang lebih murah banget bahkan lebih murah dari sambungan 019. Ingat ! Kartu ini bukan kartu isi ulang prabayar handphone.  Kartu ini bisa menjadi solusi murah jika kondisi internet dikampung jelek banget atau orang rumah gaptek sehingga tidak memungkinkan pakai skype atau chat sejenisnya.

Menggunkan Kartu Debit Bank Chunghwa Pos Taiwan untuk Belanja Online

Sebenarnya akun bank pos atau chunghwa di Taiwan bisa digunakan untuk belanja online pada website yang memilik logo visa. Berikut cara aktivasi fitur tersebut. Pergilah cabang bank terdekat Bilang ke teller untuk minta kartu debet visa (jika belum ada) dan minta akses belanja online serta transfer untuk akunmu. Proses langsung selesai setelah diaktivasi oleh pegawai bank tersebut namun diperlukan aktivasi tambahan yang dilakukan oleh kamu sendiri. Aktivasi ini dilakukan di halaman website 3D secure Visa untuk Chunghwa Post Bank pada  https://www.ezpos.fisc.com.tw/acsenroll/index.aspx?ISSUER_BID=700 Klick Verified by VISA  (VISA卡註冊) untuk melakukan registrasi Masukkan nomer kartu ATM pada kolom PAN tampa spasi dan nomer ARC pada kolom PIN kemudian klick 下一步 Ikuti petunjuk berikutnya pada website hingga kemudian sebuah sms berisi kode dikirim ke nomer handphonemu yang telah didaftarkan pada Bank Post Chunghwa pada saat pendaftaran.  Masukkan kode tersebut dan akan diminta ju