Skip to main content

Menanggulangi kebiasaan menunda nunda

Terdapat mekanisme kimia dalam otak sehingga kita menunda nunda pekerjaan dan membuat kita senang, namun itu hanya sementara. Perasaan ingin menunda karena mekanisme di otak untuk menghadapi rasa tidak nyaman saat mengerjakan sesuatu. Contoh kasus, suatu saat kita memiliki tugas yang harus dikerjakan. Namun saat melihat tugas tersebut, misal harus membuat essay,  tiba tiba kepala kita merasa pusing.. Otak segera merespon untuk mengalihkan pikiran ke hal lain yang bisa menghibur seperti nonton youtube. Otak kita akhirnya melepaskan zat dopamine sehingga kita merasa senang. Namun hal ini hanya sementara dan berbahaya, karena tugas belum terselesaikan, akhirnya kita merasa pusing kembali telah menundanya sementara tenggang waktu semakin sedikit. Efek jangka panjang menunda sangat berbahaya.. Menunda adalah kebiasaan yang sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek hidup, jika kita bisa mengatasi nya, akan banyak hal positif yang akan datang.. Tugas akan menjadi lebih memusingkan jika menunda pelajaran dan menumpuknya di akhir.


Jika kita konsentrasi ke hasil akhir. Otak kita berpotensi jadi pusing karena terbayang lama dan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan satu pekerjaan. Sehingga kita lebih berpotensi menunda nya dan mengalihkan perhatian ke hiburan terus menerus. Konsentrasi dengan membayangkan hanya 30 menit kerja kemudian istirahat, dengan begitu otak lebih ringan dalam membayangkan penyelesaianya.


Untuk  mengulangi kebiasaan menunda. kita tentu bisa menggunakan teknik pomodoro. Pomodoro merupakan salah satu teknik yang bisa lakukan untuk yang suka menunda pekerjaan. Bagi waktu pengerjan tugas seperti batako satu demi satu dengan teknik pomodoro misal per 25 menit. . Kerjakan kemudian jeda kemudian kembali kerjakan lagi agar susunan ingatan tentang suatu topik menjadi kokoh. Pusatkan pikiran untuk melanjutkan menulis esai selama beberapa waktu misal 25 meni. Sehingga otak kita tidak merasa keberatan dan pusing untuk melakukannya. Cukup 25, menit nulis esai daan kita bisa relax 5 menit dan makan cokelat sebagai imbalan. Dengan imbalan otak kita akan melepaskan endorfin setiap kita relax dan mendapatkan hadiah kecil.


kita juga perlu merubah dan mengatur ulang komponen yang menyusun kebiasaan menunda. Kebiasaan merupakan rutinitas yang otomatis kita kerjakan tanpa berpikir ketika pancingan menghampiri kita. Komponen kebiasaan terdiri atas  hal berikut:

- pancingan  :   suatu hal yang membuat kita langsung otomatis melakukan kebiasaan tanpa kita sadari. pancingan bisa berupa tempat, situasi, kondisi, waktu atau perasaan, contohnya: rasa pusing ketika mengerjakan tugas atau mengerjakan tugas, rasa lapar atau notifikasi hape masu.

- rutinitas : hal yang langsung kita kerjakan setelah menerima pancingan - contoh: nonton youtube, selancar internet, main game

- hadiah: imbalan dari rutinitas yang kita lakukan, hal ini lah membuat kebiasaan semakin kokoh - contoh: dopamine terlepas di otak sehingga rasa pusing hilang  dan menjadi bahagia, rasa kenyang setelah makan, perhatian tersisihkan dari rasa pusin. - kepercayaan: kepercayaan terhadap kebiasaan


Contoh merubah kebiasaan menunda mengerjakan tugas sebagai berikut. Beberapa pancingan yang membuat kita bisa menunda mengerjakan tugas antara lain notifikasi di telpon pintar, acara di tv, atau tampilan internet browser di komputer dan lain sebagainya. Kadang kadang tanpa kita sadari, kita menghabiskan waktu berjam jam di depan media sosial hanya karena terpancing notifikasi. Akhirnya kita pun terus menerus menunda untuk mengerjakan tugas. kita bisa tentunya menghindari pancingan ini muncul atau mendekati kita agar kita tidak terpancing untuk menunda nunda mengerjakan tugas. Misal,  meletakkan telpon pintar kita di tempat yang jauh. Mematikan koneksi internet kita. Mematikan tv. Menjauh dari tempat yang membuat kita terpancing untuk menunda. Misal ruang khusus mengerjakan tugas, perpustakaan, atau kafe, tentu dengan syarat kita tidak membawa hal hal yang membuat kita terpancing lagi seperti telpon genggam atau laptop dengan koneksi internet. Tiap orang memiliki pancingan yang berbeda beda. kita bisa membayangkan apa yang membuat kita terpancing untuk melakukan penundaan. Tidak perlu lama lama menghindarinya, misal per 30 menit kita konsentrasi mengerjakan tugas dengan teknik pomodoro. kita juga bisa mencari dan membentuk pancingan untuk memulai semangat konsentrasi mengerjakan tugas seperti membuka buku, berdoa, menulis sesuatu.


Hal yang kedua yang bisa kita atur ulang adalah rutinitas. Ketika kita mulai mengerjakan tugas sering muncul perasaan pusing di kepala dan otak kita akan berusaha memusatkan pikiran ke hal yang meringankan rasa sakit dan menghibur seperti membuka media sosial atau nonton video. Untuk melawan rasa sakit ini ada membangun kebiasaan baru. Pertama kita harus jauhi dulu hal hal yang otak kita lakukan otomatis untuk mengatasi rasa sakit namun kita terbuai olehnya seperti telpon genggam, tv atau internet. Ketika muncul rasa pusing itu kita bisa membangun rutinitas seperti segera minum kopi, minum teh, relaks melihat sekitar, berdiri sebentar. Setelah itu kita coba lawan rasa sakit itu. Karena rasa sakit ini berbentuk psikologis bukan fisik. Setelah beberapa waktu otak kita akan merasa nyaman karena adanya dopamine yang bekerja karena kita merasa berhasil konsentrasi.


Komponen ketiga yaitu imbalan. Setelah 30 menit kita bisa konsentrasi mengerjakan tugas. Berikanlah imbalan kepada diri kita seperti makan cokelat, ngobrol dengan orang disekitar, atau sekedar rileks menerawang. Setelah 5 menit kita tentu harus kerjakan lagi konsentrasi ke tempat mengerjakan tugas. Ulang rutinitas ini beberapa kali dan lakukan rileks panjang  imbalan besar ke diri sendiri setelah empat atau lima kali pengolaha pengulangan seperti makan yang enak, nonton film, atau hal lainnya. Imbalan sangat penting agar bisa rutinitas konsentrasi mengerjakan tugas ini menjadi kebiasaan yang merekat di diri kita. Komponen terakhir adalah kepercayaan diri dan ini adalah hal yang terpenting. Jangan berkata ke diri sendiri seperti "ah, memang sudah sifat ku menunda diakhir akhir". Percayalah bahwa kita bisa merubah kebiasaan menunda menjadi kebiasaan konsentrasi mengerjakan tugas.


Tulisan ini merupakan rangkuman hasil belajar dari "Learning How to Learn: Powerful mental tools to help you master tough subjects" oleh Barbara Oakley dan Terrence Sejnowski pada Coursera https://www.coursera.org/learn/learning-how-to-learn

Comments

Popular posts from this blog

Aktivasi paket 3G Harian/Mingguan pada Ideal Card Prabayar di Chunghwa Telecom Taiwan Tampa Perlu Kontrak Bulanan

Terkadang seseorang hanya memerlukan sambungan paket 3G di Taiwan pada saat-saat tertentu seperti saat jalan-jalan. Atau terkadang seseorang telah memilik sambungan internet pada WiFi di tempat tinggal dan kerjanya dan hanya memerlukan 3G pada handphonenya saat-saat tertentu saja. Untungnya Chunghwa Telecom di Taiwan menyediakan layanan paket 3G harian dan mingguan dan dapat diaktivasi setiap saat. Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk layanan ini. Pergilah ke outlet Chunghwa telecom terdekat. Bilang ke petugas untuk minta diaktivasi layanan 3G, petugas akan meminta kita mengisi formulir, terkadang kartu kita diganti dari 2G menjadi 3G. Bayar uang aktivasi sebesar 300 NTD dan uang ini akan didepostikan sebagai pulsa kita. Setelah selesai, kartu telah siap untuk berlangganan 3G. Untuk memulai layanan 3G, telponlah 539. Ikuti petunjuk pada telpon dan pilih paket yang diinginkan dan selesai. Jangan lupa merubah APN menjadi  Chunghwa Internet dengan name:internet tampa username

Mau Telpon murah ke Indonesia dari Taiwan ? Coba Pakai Kartu Telepon Baby

Mau Telpon murah ke Indonesia dari Taiwan ? Coba Pakai Kartu Telepon Baby Kartu baby adalah kartu voucher telepon internasional via VOIP yang lebih murah banget bahkan lebih murah dari sambungan 019. Ingat ! Kartu ini bukan kartu isi ulang prabayar handphone.  Kartu ini bisa menjadi solusi murah jika kondisi internet dikampung jelek banget atau orang rumah gaptek sehingga tidak memungkinkan pakai skype atau chat sejenisnya.

Menggunkan Kartu Debit Bank Chunghwa Pos Taiwan untuk Belanja Online

Sebenarnya akun bank pos atau chunghwa di Taiwan bisa digunakan untuk belanja online pada website yang memilik logo visa. Berikut cara aktivasi fitur tersebut. Pergilah cabang bank terdekat Bilang ke teller untuk minta kartu debet visa (jika belum ada) dan minta akses belanja online serta transfer untuk akunmu. Proses langsung selesai setelah diaktivasi oleh pegawai bank tersebut namun diperlukan aktivasi tambahan yang dilakukan oleh kamu sendiri. Aktivasi ini dilakukan di halaman website 3D secure Visa untuk Chunghwa Post Bank pada  https://www.ezpos.fisc.com.tw/acsenroll/index.aspx?ISSUER_BID=700 Klick Verified by VISA  (VISA卡註冊) untuk melakukan registrasi Masukkan nomer kartu ATM pada kolom PAN tampa spasi dan nomer ARC pada kolom PIN kemudian klick 下一步 Ikuti petunjuk berikutnya pada website hingga kemudian sebuah sms berisi kode dikirim ke nomer handphonemu yang telah didaftarkan pada Bank Post Chunghwa pada saat pendaftaran.  Masukkan kode tersebut dan akan diminta ju